PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI

Main Authors: Sari Sakti Setyo Rahayu; UN PGRI KEDIRI, Aan Nurfahrudianto; UN PGRI KEDIRI, Ika Santia; UN PGRI KEDIRI
Format: Peer-reviewed Paper Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran , 2018
Subjects:
Online Access: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/view/246
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan representasimatematis siswa SMA. Disamping itu siswa masih kesulitan dalammemecahkan masalah matematis trigonometri. Analisis awalmenyatakan siswa sering tidak akurat dalam mempresentasikanmasalah soal pemecahan masalah trigonometri. Sehingga melaluipembelajaran pemecahan masalah siswa dilatih kemampuanrepresentasi matematis. .Tujuan penelitian ini adalah (1) Untukmengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMAsebelum melalui pemecahan masalah trigonometri, (2) Untukmengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMAsesudah melalui pemecahan masalah trigonometri, (3) Untukmengetahui adanya peningkatan kemampuan representasimatematis siswa SMA melalui pemecahan masalah trigonometri.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen denganpendekatan penelitian kuantitatif. Variabel bebas pada penelitian iniadalah pembelajaran problem solving, sedangkan variabel terikatnyaadalah kemampuan representasi matematis. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa SMA. Teknik pengambilan sampelmenggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas X-3.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistika One SampleT-Tes dan uji statistika Paired Sample T-Tes, dengan bantuan IBMSPSS Statistic 23. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuanrepresentasi matematis siswa SMA sebelum melalui pemecahanmasalah trigonometri kurang dari 75 (KKM). (2) kemampuanrepresentasi matematis siswa SMA sesudah melalui pemecahanmasalah trigonometri paling sedikit 75 (KKM). (3) ada peningkatankemampuan representasi matematis siswa SMA melalui pemecahanmasalah trigonometri secara signifikan.