PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MYOLOGI BERBASIS ANDROID PADA MATAKULIAH ANATOMI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI IKIP BUDI UTOMO MALANG
Main Authors: | Nurcholis Istiawan; IKIP Budi Utomo, Herman Kusdianto; IKIP Budi Utomo |
---|---|
Format: | Peer-reviewed Paper Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/view/223 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajarMiology berbasis android yang layak dan efektif untukmeningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa Prodi ProgramStudi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP BudiUtomo MalangModel penelitian pengembangan ini menggunakan(Research and Development) Analysis, Design, Development,Implementasi, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan datayang digunakan untuk mengolah maupun untukmenginterpretasikan hasil tinjauan dan uji coba produkpengembangan bahan ajar yaitu teknik analisis kuantitatif dankualitatif. Analisis data kualitatif, digunakan untuk mengolah datadari hasil validasi ahli materi, desain dan media pembelajaran sertamahasiswa sebagai subjek coba, berupa masukan, saran dan kritikperbaikan yang terdapat pada angket instrumen validasi. Analisisdata dijadikan acuan untuk memperbaiki atau merevisi produk.Analisis data yang kedua analisis kuantitatif, yang digunakanuntuk menganalisis data yang diperoleh dalam bentuk persentasepenilaian.Bahan ajar berupa modul telah direvisi berdasarkan hasilpenilaian ahli dan uji coba kelompok kecil dikelas. Berdasarkanpersentase ke validan yang diperoleh dari validator ahli materi, ahlimedia dan uji coba kelompok kecil di kelas, bahan ajar Miologyberbasis android yang dikembangkan telah memenuhi kriteriavalid dan dapat digunakan dengan perolehan persentase masing-masing 88,01%, 86,27%, dan 90,21%. Revisi produk (bahan ajarMiology berbasis android) dilakukan berdasarkan masukan dansaran oleh validator dan uji coba kelompok kecil di kelas.