PENGARUH PEMBELAJARAN PEOE BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP BUDI UTOMO MALANG

Main Authors: Mistianah Mistianah; IKIP Budi Utomo Malang, Ismi Nurul Qomariyah; IKIP Budi Utomo Malang
Format: Peer-reviewed Paper Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran , 2018
Subjects:
Online Access: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/view/196
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpembelajaran PEOE berbasis Flipped Classroom terhadapkemampuan metakognitif mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasipenelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi di IKIP BudiUtomo Malang. Data kemampuan metakognitif diukur dengan caramemberikan tes tertulis berupa essay tes. Penskoran kemampuanmetakognitif diperoleh dari rubrik penskoran kemampuan metakognitifyang dikembangkan oleh Corebima (2009). Analisis yang digunakandalam penelitian ini adalah anakova untuk mengetahui pengaruhmodel PEOE berbasis Flipped Classroom terhadap kemampuanmetakognitif mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisismenggunakan bantuan program SPSS 16.00 for Windows. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PEOE berbasis FlippedClassroom berpengaruh terhadap kemampuan metakognitifmahasiswa. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa modelpembelajaran PEOE berbasis Flipped Classroom lebih baik dalammemberdayakan kemampuan metakognitif mahasiswa.