Analisis Kebutuhan Perangkat Pembelajaran Materi Animalia Siswa SMA Negeri 3 Kota Kediri Kelas MIPA 2.2
Main Authors: | Klarisa Dewi Julita; Universitas Nusantara PGRI Kediri, Dwi Ari Budiretnani; Universitas Nusantara PGRI Kediri, Poppy Rahmatika Primandiri; Universitas Nusantara PGRI Kediri |
---|---|
Format: | Peer-reviewed Paper Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/view/175 |
Daftar Isi:
- SMA Negeri 3 Kota Kediri menerapkan kurikulum 2013 dengan sistem SKS pada semua siswakelas X. Kurikulum 2013 SKS membutuhkan penyesuaian bagi guru maupun siswa sehinggamasih banyak masalah yang terjadi, salah satunya pada siswa kelas MIPA 2.2. Rata-rata nilaites evaluasi UKBM kelas MIPA 2.2 lebih rendah dibandingkan dua kelas lainnya. Aplikasikurikulum 2013 pada SMA Negeri 3 Kota Kediri dengan membuat membuat perangkatpembelajaran yang terdiri dari UKBM, silabus, dan RPP. UKBM dibuat seminggi sebelumdigunakan karena belum tersedia. Buku yang digunakan untuk menyelesaikan soal di UKBMadalah buku paket yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis kebutuhan perangkat pembelajaran materi animalia siswa SMA Negeri 3 KotaKediri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas MIPA 2.2. Perangkatpembelajaran yang dimaksud terdiri dari silabus, RPP, UKBM, dan bahan ajar. Bahan ajar yangdikembangkankan disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi yang merupakanacuan pembuatan UKBM. Model Pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalahmodel pengembangan ADDIE, dimana yang diambil hanya dua tahap awal yaitu tahap analisisdan tahap desain. Hasil penelitian ini berupa desain perangkat pembelajaran yang terdiri darisilabus, RPP, UKBM dan handout, dimana keempat komponen tersebut belum dikembangkandi SMA Negeri 3 Kota Kediri.