ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN DIGITAL DAILY ASESSMENT UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP BUDI UTOMO MALANG

Main Authors: Erfitra Rezqi Prasmala; IKIP Budi Utomo Malang, Ardian Anjar Pangestuti
Format: Peer-reviewed Paper Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran , 2018
Subjects:
Online Access: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/view/132
Daftar Isi:
  • Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk melihat pentingnya dalampengembangan Digital Daily Assesment. Digital Daily Assesmentmerupakan salah satu media yang digunakan sebagai alat evaluasi yangmampu memberdayakan keterampilan metakognitif mahasiswa.Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran morfologi tumbuhan padatahun sebelumnya dilakukan dengan menggunakan metode ceramah,praktikum, dan diskusi sederhana. model pembelajaran ang dipakai jugabeum mampu memberdayakan keterampilan metakognisi mahasiswa, halini dilihat dari mahasiswa sering terlambat dalam pengumpulan tugas,kurang mampu melakukan perencanaan dan pengamatan secara mandiridaam kegiatan praktikum. Berdasarkan hasil tes untuk mengujiketerampilan metakognisi, 73,07% mahasiswa hanya masuk padatingkatan kriteria 2. Sebagian besar mahasiswa menjawab soal tes denganjawaban yang tidak menggunakan kalimat sendiri, pemaparan jawabankurang runtut dan sistematis, dan kurang dilengkapi dengan alasan yangtepat, serta jawaban yang kurang benar. Berdasarkan hasil analisis hasilobservasi dan nilai tes keterampilan metakognisi pada pembelajaranmorfologi tumbuhan, maka perlu dilakukan pengembangan mediapembelajaran Digital Daily Assesment untuk mengatasi permasalahan yangditemukan pada matakuliah Morfologi Tumbuhan.