PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN EVOLUSI BERBASIS MOLEKULER MAHASISWA BIOLOGI IKIP BUDI UTOMO MALANG IBU

Main Authors: Endang Sri Lestari; IKIP Budi Utomo, Ratno Susanto; IKIP Budi Utomo
Format: Peer-reviewed Paper Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran , 2018
Subjects:
Online Access: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/view/129
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan PerangkatPembelajaran Teori Evolusi Berbasis Molekuler pada matakuliah evolusimahasiswa Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan(Research and Development/R&D). Model pengembangan yangdigunakan adalah model pengembangan Bord & Gall yang terdiri darisepuluh langkah, akan tetapi dalam penelitian ini hanya terdiri delapanlangkah,yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desainproduk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk,produk akhir.Perangkat Pembelajaran Teori Evolusi Berbasis Molekuler yangdikembangkan melalui sebuah tahapan validasi desain, revisi desain, ujicoba kelompok kecil, revisi produk dan produk akhir. Berdasarkanpersentase ke validan yang diperoleh dari validator ahli media, validatorahli materi, dan uji coba kelompok kecil, Perangkat Pembelajaran TeoriEvolusi Berbasis Molekuler yang dikembangkan telah memenuhi kriteriavalid dan dapat digunakan dengan perolehan validator ahli media 90,10%,ahli materi 92,16%, dan ujicoba kelompok kecil 88,20%. Secarakeseluruhan pengembangkan Perangkat Pembelajaran Teori EvolusiBerbasis Molekuler layak digunakan sebagai bahan ajar dengan nilai rata-rata kelayakan adalah 90,12% dan masuk dalam kriteria “Sangat Valid”.