JINEMAM: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang

Main Authors: Dwi Candra Setiawan; IKIP Budi Utomo Malang, Deny Setiawan; IKIP Budi Utomo Malang
Format: Peer-reviewed Paper Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran , 2018
Subjects:
Online Access: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/semdikjar2/paper/view/123
Daftar Isi:
  • Kreativitas pendidik merupakan suatu keharusan dalammelaksanakan pembelajaran, tidak terkecuali Dosen. Dosenharuslah kreatif dan inovativ dalam kelas. Hal ini diperlukan untukmampu memberdayakan kemampuan mahasiswa,salah satunyaberpikir kritis. Kreativitas tersebut salah satunya adalahmengembangkan suatu model pembelajaran. Model pembelajaranyang dikembangkan untuk memberdayakan berpikir kritis adalahmodel JINEMAM. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahuisejauh mana pengaruh Model JINEMAM terhadap KemampuanBerpikir Kritis mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenispenelitian adalah penelitian quase eksperimen. Sampel Penelitianadalah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2016, dimana kelasA sebagai kelas eksperiment dan kelas B sebagai kontrol. Datadiperoleh dengan instrument soal Pretest dan Postest denganmenggunakan rubrik penilaian berpikir kritis. Data yang diperolehdianalisis dengan Anakova dengan menggunakan sofware SPSS22.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh modelpembelajaran JINEMAM terhadap berpikir kritis mahasiswa.Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapatpengaruh model pembelajaran JINEMAM terhadap kemampuanberpikir kritis mahasiswa program studi pendidikan Biologi IKIP BudiUtomo Malang.