PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING

Main Author: Miswar, Dedy
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang , 2016
Online Access: http://geografi.ppj.unp.ac.id/index.php/geo/article/view/744
http://geografi.ppj.unp.ac.id/index.php/geo/article/view/744/334
Daftar Isi:
  • Abstrak: Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Kalirejo tidak kondusif dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu: primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah persentase nilai hasil belajar tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar disetiap siklusnya yaitu pada siklus I persentasenya 43,33%, siklus II persentasenya 81,81% dan siklus III persentasenya 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar geografi dapat menggunakan model quantum teaching.