Penerapan Model Probing-Prompting Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Main Author: Aisyah, Rusdian dan
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Theorems (The Original Research of Mathematics) , 2018
Online Access: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/700
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/700/648
Daftar Isi:
  • Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dengan model probing-prompting learning. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen berdesain kelompok kontrol non-ekiuvalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Pandeglang, sedangkan yang dijadikan sampel yaitu siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes koneksi matematis tipe uraian yang terdiri dari lima butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model probing-prompting learning.Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Model Probing-prompting learning.