PENERAPAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA

Main Author: Ni'mah, Khomsatun; Universitas Siliwangi
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Majalengka , 2020
Online Access: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/2265
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/2265/1852
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mengurangi kecemasan matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Nganjuk, sebagai populasinya adalah siswa kelas IX dan sampelnya siswa kelas IX-A yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada bulan September 2019 dengan melakukan 2 siklus penelitian dalam 3 kali pertemuan, sehingga pengumpulan datanya dilakukan dengan hasil tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan angket untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika. Berdasarkan analisis data pada hasil evaluasi siklus I dan II, kemampuan berpikir kritis siswa mengalami kenaikan secara signifikan, kenaikan tersebut minimal sebesar 45,45% untuk setiap indikatornya. Salah satu faktor meningkatnya kemampuan berfikir kritis yang diketahui dari hasil evaluasi yaitu penurunan tingkat kecemasan siswa. Hal ini terlihat dari hasil angket pada siklus II untuk kategori tidak cemas mengalami peningkatan sebesar 9%, pada kategori cukup cemas mengalami peningkatan sebesar 30%, untuk kategori cemas mengalami penurunan sebesar 33%, sedangkan untuk kategori sangat cemas mengalami penurunan sebesar 6%.