MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATEMATIKA

Main Author: Pamungkas, Megita Dwi; Universitas Tidar
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics) , 2019
Online Access: https://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/1315
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/1315/1280
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dengan pendekatan saintifik ditinjau dari peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest non equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Toroh. Dari populasi itu diambil secara acak dua kelas, kelas VIIIA dan VIIID. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif TPS dengan pendektan saintifik dan pembelajaran konvensional, data dianalisis menggunakan one sample t-test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan kedua model, data dianalisis multivariat dengan statistik uji T2 Hotelling dan dianalisis lanjut dengan uji independent sample t-test dengan kriteria Bonferoni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan saintifik efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis; 2) pembelajaran konvesional tidak efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis; dan 3) pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan saintifik lebih efektif daripada pembelajaran konvesional dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pembelajaran kooperatif, TPS dengan pendekatan saintifik