Upaya Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Transaksi Jual-Beli Menggunakan Jasa E-Commerce

Main Authors: Pradnyaswari, Ida Ayu Eka, Westra, I Ketut
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Hukum Universitas Udayana , 2020
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/59414
https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/59414/35082
Daftar Isi:
  • Semakin maraknya praktek transaksi perdagangan online (e-commerce) di Indonesia membuat masyarakat yang ingin berbelanja barang dan jasa yang dibutuhkan lebih mudah, namun banyak terdapat perlanggaran terhadap hak-hak konsumen yang tidak dapat dihindari mengingat jual-beli online mempunyai  karakteristik  yang  berbeda   dengan   transaksi   konvensional   sehingga   membuka  kesempatan adanya kecurangan dari  pelaku usaha  ataupun pihak  ketiga  terkait  kemanan  data  pribadi  yang  dijaminkan  oleh pemilik  toko  online  sehingga  berimplikasi  pada perlindungan  konsumen yang mana bilamana terjadinya kerugian bagi Konsumen  terkait data pribadi baik identitas pibadi,  password , dan kemanan  nomor  kartu  kredit  atau  pembayaran  lainnya  yang mana  apakah dapat pemilik toko online dapat dimintai pertanggung jawabannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perlindungan terhadap pengguna jasa jual-beli online (e-commerce) terkait kerahasiaan data pribadi dan bagaimana cara Pemilik toko menyelesaikan sengketa terkait kerugian konsumen. Metode penelitian hokum normative digunakan sebagai metode penulisan yang bersumber dari peraturan perundang-undangan dan bahan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan perlindungan konsumen dalam jual dan beli online menggunakan e-commerce tidak jelas karena peraturan mengenai perjanjian jual-beli online belum terperinci dan belum memperhatikan perlindungan terhadap konsumen. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, E-Commerce