Pengaruh Edukasi terhadap Pengetahuan Kebersihan Tangan Siswa Sekolah Dasar Komunitas Anak Asuh Rimbani

Main Authors: Suraya, Izza, Farradika, Yoli, Khairunnisa, Rina
Format: Article info Book application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya , 2017
Online Access: http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/jsm/article/view/362
http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/jsm/article/view/362/347
Daftar Isi:
  • Kebersihan tangan seringkali terabaikan oleh anak yang tinggal dalam sosial ekonomi kurang baik. Hal ini diakibatkan kuranganya pengetahuan mereka akan hal tersebut. Oleh karena itu, edukasi tentang kebersihan tangan perlu diberikan kepada anak komunitas Anak Asuh Rimbani. Untuk melihat pengaruh edukasi tersebut, maka studi ini perlu dilakukan. Studi ini merupakan penelitian dengan desain pre-post test experimental untuk mengetahui pengetahuan anak sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas 2-4 sekolah dasar yang terdaftar sebagai penerima bantuan belajar di komunitas Anak Asuh Remaja Islam Baitul Mughni. Dengan teknik sampling jenuh dan peserta yang datang sebagai kriteria inklusiya, maka diperoleh 41 orang anak sebagai sampel penelitian. Untuk melihat perbedaan rata-rata pengetahuan anak sebelum dan sesudah intervensi, dilakukan uji paired t-test. Hasil studi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta dari sebelum diberikan penyuluhan dan dilakukan praktek dengan setelah diberikan penyuluhan dan dilakukan praktek, dengan nilai p < 0,001. Rerata skor pre-test peserta adalah 2,93 (SD = 0,91) dan rerata skor post-test adalah 3,85 (SD = 1,04).