Komunikasi Politik Chusnunia Chalim (Studi Terhadap Kampanye Politik Chusnunia Chalim Dalam Memenangkan Pemilukada Lampung Timur Tahun 2015
Main Author: | GUNTUR PR, Rizqie |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
2017
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Skripsi ini menyajikan tentang Komunikasi Politik yang dilakukan oleh Chusnunia Chalim sebagai kandidat calon Bupati pada masa kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Lampung Timur Tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan komunikasi politik yang efektif dalam kampanye pemenangan Chusnunia Chalim pada Pemilukada di Lampung Timur. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Konseptualisasi Komunikasi Politik, Kampanye Politik, dan Konsep Pemilukada. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis, yang diperoleh melalui data primer berupa hasil wawacara dengan narasumber yang berkompeten. Serta menggunakan data sekunder dari studi pustaka dan sumber dari portal berita/website resmi secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi politik dengan pendekatan menggunakan model kampanye Nowak dan Warneryd menunjukkan bahwa komunikasi politik yang digunakan oleh Chusnunia Chalim sudah tepat sasaran dibuktikan dengan perolehan suara yang diperoleh Chusnunia Chalim sebesar 263.962 suara (53,17%). Chusnunia Chalim sebagai kandidat calon kepala daerah mampu berkomunikasi politik dengan banyak elemen, seperti elit-elit partai politik, organisasi kemasyarakatan, kelompok sosial di masyarakat, merangkul lawan politik, dan pandai memanfaatkan segmentasi perempuan. Dalam penelitian ini juga ditemukan faktor-faktor yang menjadi pendukung komunikasi Chusnunia Chalim dalam Pemilukada, diantaranya: faktor lingkungan fisik, sosio-kultural, dan hubungan sosial.