Anak jalanan dan kesenjangan pendidikan: studi problem akses pendidikan anak jalanan di sekolah masjid terminal, Depok

Main Author: Fatimah, Fauziah Kamilah
Format: Bachelors
Terbitan: 2015
Subjects:
Daftar Isi:
  • Anak Jalanan dan Kesenjangan Pendidikan (Studi Problem Akses Pendidikan Anak Jalanan di Sekolah Masjid Terminal, Depok). Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesenjangan pendidikan yang dialami oleh anak-anak jalanan di Sekolah Masjid Terminal, Depok dan faktor-faktor yang melatarbelakangi kesenjangan pendidikan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu pendekatan yang bertujuan untuk mendapatkan data-data yang faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dari fenomena yang diteliti. Metode ini digunakan untuk melihat bentuk-bentuk kesenjangan pendidikan dan faktor yang melatarbelakangi kesenjangan pendidikan pada anak-anak jalanan di Sekolah Masjid Terminal, Depok. Hasil dari penelitian ini adalah adanya bentuk-bentuk kesenjangan pendidikan yang di alami oleh anak-anak jalanan seperti, keterbatasan SDM yaitu jumlah pengajar dan latar belakang pengajar yang tidak sesuai dengan bidang studi yang diajarkan serta sarana dan prasarana yang tidak layak. Faktor yang melatarbelakangi kesenjangan pendidikan tidak terlepas dari faktor sosial ekonomi keluarga seperti kemiskinan rumah tangga, keterbatasan pengetahuan dan keterbatsan administrasi keluarga. Maka dari itu, perlunya kesamaan pendistribusian dalam pengalokasian kebutuhan-kebutuhan primer salah satunya pendidikan