Pilihan Rasional Sekolah Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Negeri 26 Bintaro (Studi Kasus: Alumni Pkbm N 26 Bintaro Paket C Angkatan Tahun 2014-2016, Jakarta Selatan)
Main Author: | RAMADHAN, Ilham |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
2018
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- PKBM N 26 merupakan salah satu wadah pendidikan nonformal yang menampung murid-murid yang belum selesai atau belum menuntaskan wajib belajarnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka belum menyelesaikan jenjang pendidikannya, seperti kekurangan biaya, dan lain-lain. Di kota besar seperti Jakarta ini banyak masyarakat yang lebih mementingkan cara bertahan hidup dengan bekerja, untuk makan dan biaya hidup sehari-hari. Menariknya ada segelintir orang yang masih mau memanfaatkan kesempatan untuk sekolah lagi, walaupun mereka sudah putus sekolah. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui alasan rasional alumni PKBM N 26 angkatan tahun 2014-2016 saat memutuskan sekolah di PKBM N 26 dan menggambarkan pencapaian tujuannya setelah lulus dari PKBM N tersebut. Selain itu, dijelaskan pula preferensi yang dapat alumni pilih sebelum memutuskan sekolah di PKBM N 26 serta keuntungan dan kerugian sekolah di PKBM N 26 tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah alumni PKBM N 26 Paket C angkatan tahun 2014-2016. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pilihan Rasional James S. Coleman. Dari hasil temuan dan analisis yang peneliti lakukan, sekolah di PKBM N 26 merupakan pilihan rasional. Alumni membangun preferensinya untuk mencapai tujuan dipengaruhi dari diri sendiri maupun orang lain. Terdapat beberapa pilihan sekolah yang dapat alumni pilih diantaranya, Home schooling, PKBM-PKBM lain, ?tembak ijazah‟, dan terakhir tidak ada pilihan lain. Keuntungan yang alumni dapat sekolah di PKBM N 26 yaitu, mendapat ijazah Paket C setara SMA, pendidikan keterampilan, mendapat waktu belajar yang fleksibel dan motivasi-motivasi, serta keuntungan-keuntungan lainnya. Sedangkan kerugian alumni dapatkan ketika guru tidak datang mengajar di kelas. Setelah lulus dari PKBM N 26, alumni berhasil mencapai tujuan-tujuan yang mereka inginkan. Paling tidak, mereka berhasil meningkatkan status pendidikan mereka, serta tujuan-tujuan lainnya.