Meta-Analisis Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar
Main Authors: | Fitria, Dewi, Lestari, Mila, Aisyah, Siti, Renita, Renita, Dasmini, Dasmini, Safrudin, Safrudin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Nusantara PGRI Kediri
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jiped.org/index.php/JSE/article/view/65 https://jiped.org/index.php/JSE/article/view/65/72 |
Daftar Isi:
- This study aims to re-analyze the constructivism learning approach in improving student learning outcomes in elementary school social studies learning. In this study using the meta-analysis method. Research data collection is carried out by researchers by browsing articles contained in online journals, thesis or dissertation results in the repository, using Google Scholar or Cedekia. The source of data (articles) taken is data (articles) from 2016-2021. From the search results obtained 10 relevant articles that have been published in online journals. The results of the analysis show that constructivism learning is able to improve student learning outcomes from the lowest 9.80% to the highest 75.00% with a significant increase of 24.05%.
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali tentang pendekatan pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Pengumpulan data penelitian dilakukan peneliti dengan cara menelusuri artikel-artikel yang terdapat pada jurnal online, hasil skripsi atau disertasi di repository, dengan menggunakan Google Scholar atau Cedekia. Sumber data (artikel) yang diambil adalah data (artikel) dari tahun 2016-2021. Dari hasil penelurusan diperoleh 10 artikel yang relevan yang sudah diterbitkan di jurnal online. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran konstruktivisme mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari yang terendah 9,80% sampai yang tertinggi 75,00% dengan peningkatan yang signifikan sebesar 24,05%