Strategi Bauran Pemasaran Motor Yamaha dengan Analisis SWOT pada Dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung

Main Author: Setyawan, Dadang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2021
Subjects:
Online Access: https://jiped.org/index.php/JSE/article/view/34
https://jiped.org/index.php/JSE/article/view/34/30
Daftar Isi:
  • This research is motivated by intense competition, both with different brands or with one brand. So dealers need to recognize the strengths and weaknesses of the business and know the opportunities and threats that can affect business activities. By evaluating the company's internal and external factors, it will greatly assist the company in recognizing itself, and can be used to develop strategies to increase sales levels. The purpose of this study is to determine the company's internal and external factors that will be used to create a strategy to increase sales of Yamaha motorcycles at the Pagora Jaya Tulungagung Fleet dealer. This research uses qualitative and quantitative approaches with descriptive techniques. Qualitative approach to explain the problem of looking for a rating to be used in the SWOT matrix. A quantitative approach is used to calculate the SWOT matrix. Pagora Jaya Tulungagung Fleet Dealer is in quadrant I (one), namely in the Growth position. With the results of a score of 3.96 strengths, 2.86 weaknesses, 2.36 opportunities and 1.7 threats. In this position the Pagora Jaya Tulungagung Fleet dealer can increase product competitiveness by adding product marketing branches and adding product innovation
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan ketat baik dengan yang beda merek ataupun satu merek. Sehingga dealer perlu mengenali kekuatan dan kelemahan usaha serta mengetahui peluang serta ancaman yang dapat mempengaruhi kegiatan usaha. Dengan mengevaluasi faktor internal dan eksternal perusahaan,  akan sangat membantu perusahaan dalam mengenali diri, serta dapat digunakan untuk menyusun strategi untuk meningkatkan tingkat penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal perusahaan yang akan digunakan untuk membuat strategi guna meningkatkan  penjualan sepeda motor Yamaha didealer Armada Pagora Jaya Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik deskriptif. Pendekatan kualitatif untuk menjelaskan permasalahan yang mencari rating untuk digunakan pada matriks SWOT. Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk menghitung matriks SWOT. Dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung berada pada kuadran I (satu) yaitu pada posisi Growth (pertumbuhan). Dengan hasil skor kekuatan 3,96, kelemahan 2.86, peluang 2.36 dan ancaman 1.7. Pada posisi ini dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung dapat meningkatkan daya saing produk dengan cara menambah cabang pemasaran produk dan menambah inovasi produk