PENGARUH KOMUNIKASI DAN TIM KERJA TERHADAP KEBERHASILAN KOLABORASI DESAIN PADA KONSULTAN TEKNIK DI JAWA TENGAH
Main Author: | Raflis, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://libprint.trisakti.ac.id/946/ http://konteks.id/p/11-MK-10.pdf |
Daftar Isi:
- Komunikasi merupakan salah satu faktor pendukung penyatuan obyek desain dalam kolaborasi desain. Pada prakteknya, penyampaian informasi yang akurat tidak selalu tercapai karena adanya gangguan dalam penyampaian pesan dan media komunikasi yang digunakan. Pesan yang diterima terkadang tidak sesuai dengan makna aslinya, sehingga sering terjadi perbedaan persepsi dan konflik. Maka dari itu perlu adanya pengelolaan komunikasi untuk mempermudah proses penyelesaian desain sehingga dapat mencapai hasil yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan tim kerja terhadap keberhasilan kolaborasi desain. Studi literatur dipergunakan untuk membangun model konseptual, dan SEM (Structural Equation Modelling) dipergunakan untuk mengkonfirmasi model konseptual penelitian. Konsep penelitian dalam penelitian ini adalah konfirmatori. Survey dan penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengumpulkan data persepsi responden. Kuesioner disebarkan pada konsultan teknik dan pelaku desain di Jawa Tengah yang berpengalaman di dalam perencanaan bangunan properti komersial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi dan tim kerja memberikan pengaruh positif terhadap keberhasilan kolaborasi desain, tetapi pengaruh komunikasi terhadap keberhasilan kolaborasi desain tidak signifikan terjadi pada konsultan teknik dan pelaku desain di Jawa Tengah.