How Does Motivation Influence Students to Learn ESP?
Main Author: | Lakawa, Agustin Rebecca |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed |
Terbitan: |
Kopertis Wilayah III
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://libprint.trisakti.ac.id/826/ http://portal.kopertis3.or.id/handle/123456789/1025 |
Daftar Isi:
- Pengajaran bahasa Inggris dengan tujuan khusus pada Universitas Trisakti di Jakarta, Indonesia berdasarkan pada peminatan di setiap fakultas dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan pengetahuan tata bahasa Inggris dengan menggunakan istilah-istilah yang sesuai dengan jurusan pada setiap fakultas. Pendekatan ini dilakukan dengan asumsi bahwa semakin sesuai materi pembelajaran dengan bidang ilmu mahasiswa maka mereka akan semakin termotivasi dalam belajar bahasa Inggris. Dalam makalah ini, pendapat mahasiswa yang mengambil mata kuliah bahasa Inggris diungkapkan dalam serangkaian interview and kuesioner sebagai bagian dari studi tindakan lapangan pada universitas ini. Dari pendapat mereka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Trisakti tidak secara otomatis termotivasi dalam belajar bahasa Inggris walaupun mereka mengambil mata kuliah bahasa Inggris selama masa studi mereka di perguruan tinggi. Walaupun demikian, dari hasil analisis data terungkap bahwa mahasiswa dapat mempertahankan motivasi instrumental mereka karena mereka sangat mengerti pentingnya pengetahuan bahasa Inggris bagi karir mereka nantinya.