Hubungan pemberian ASI eksklusif dengan prestasi akademik pada anak Sekolah Dasar
Main Authors: | Putra, Doddy Dwitomo, Hannah, Hannah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://libprint.trisakti.ac.id/567/1/2017_TA_KD_03013060.pdf http://libprint.trisakti.ac.id/567/ |
Daftar Isi:
- LATAR BELAKANG Pemberian ASI eksklusif sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Salah satu faktor yang dapat dipengaruhi dalam pemberian ASI eksklusif adalah kemampuan kognitif yang lebih baik di bidang pendidikan. Kemampuan kognitif yang lebih baik akan meningkatkan prestasi akademik seorang anak. Oleh karena itu, pemberian ASI secara eksklusif merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan presetasi akademik seorang anak. METODE Desain studi penelitian ini dilakukan secara analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional yang diikuti oleh 300 anak di Sekolah Dasar Al – Azhar BSD yang dimulai dari bulan Oktober sampai November 2016. Pengumpulan data dengan memberikan kuisioner kepada responden untuk diberikan kepada ibunya yang meliputi karakteristik responden dan ibunya serta pemberian ASI eksklusif. Selain itu, pengumpulan data diambil secara data sekunder yaitu laporan hasil belajar (raport) responden yang terbaru. Penilaian pemberian ASI eksklusif, dilihat dari definisi literatur textbook, sedangkan interpretasi rapor responden menggunakan standar dari BNSP. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Chi-Square dengan batas kemaknaan α = 0,05, apabila p < 0,05, maka H0 yang berarti secara statistik terdapat hubungan yang bermakna pada software SPSS version 21.0 for Windows 8.1. HASIL Rentang usia anak SD Al-Azhar BSD adalah 8 - 12 tahun dengan frekuensi terbesar adalah anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif dengan prestasi akademik kategori baik yaitu sebanyak 52 anak. Sebesar 26,32% anak yang diberikan ASI eksklusif memiliki prestasi akademik dengan kategori baik dan sebesar 24,74% anak yang diberikan ASI eksklusif memiliki prestasi akademik dengan kategori sangat baik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif berhubungan dengan prestasi akademik (p=0,002). KESIMPULAN Terdapat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan prestasi akademik anak.