Hubungan pola asuh ibu dengan perilaku makan pada siswa TK

Main Authors: Hartawati, Dirtie Imas, Hannah, Hannah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://libprint.trisakti.ac.id/566/1/2017_TA_KD_03013059.pdf
http://libprint.trisakti.ac.id/566/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang Anak pada usia prasekolah biasanya mengalami perkembangan psikis menjadi balita yang lebih mandiri, autonom dan dapat berinteraksi dengan lingkungannya,serta dapat lebih mengekspresikan emosinya. Di samping itu, anak usia tersebut juga cenderung senang bereksplorasi dengan hal-hal baru. Sifat perkembangan khas yang terbentuk ini turut mempengaruhi pola makan anak. Anak prasekolah adalah mereka yang berusia antara 3-6 tahun. Pada masa ini anak mengalami proses perubahan pola makan dimana anak pada umumnya mengalami kesulitan untuk makan.Kesulitan makan pada anak memiliki efek yang merugikan, bagi anak itu sendiri. Efek merugikan ini dapat berupa penambahan berat badan yang tidak sesuai, defisiensi nutrisi, serta pengurangan variasi asupan makan anak. Kesulitan makan dalam jangka waktu lama juga dapat menimbulkan kegagalan tumbuh pada anak serta keterlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Beberapa faktor dapat memicu timbulnya perilaku sulit makan, salah satu pemicu sulit makan adalah pola asuh ibu. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu dengan perilaku sulit makan pada anak usia prasekolah. Metode Penelitian menggunakan studi observational dengan pendekatan cross sectional atau potong silang dengan jumlah peserta penelitian sebanyak 280 responden yang memiliki anak usia prasekolah di 8 TK di Kecamatan Grogol Petamburan. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner pola asuh ibu untuk menilai pola asuh dan kuesioner perilaku sulit makan. Variable yang diteliti adalah usia ibu, pendidikan terakhir, pola asuh, dan perilaku sulit makan pada anak.Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariate menggunakan uji Chi Square yang kemudian diolah dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil Hasil analisis antara pola asuh ibu dengan perilaku makan pada siswa TK dengan uji Chi Square menunjukkan ada hubungan yang bermakna (p=0,000) Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh ibu dengan perilaku makan pada anak usia prasekolah.