Perancangan Desain Produk Mainan Edukatif Anak Berbasis Human-centered Design.Studi Kasus: Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur

Main Author: Arsyadi, Rachmat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://libprint.trisakti.ac.id/492/1/Tesis-Rachmat-Arsyadi..pdf
http://libprint.trisakti.ac.id/492/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mendalami dan memaparkan penerapan dan pendekatan "Human-Centered Design” (kemudian akan disingkat dengan HCD) pada desain mainan edukatif anak. Desain mainan edukatif tersebut diciptakan dengan memanfaatkan pengelolaan sampah rumah tangga di lingkungan Perumahan Bumi Malaka Asri Jakarta Timur. Mainan edukatif yang tercipta diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengelolaan sampah rumah tangga bagi seluruh lapisan warga, terutama anak-anak, serta mendukung kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga di lingkungan Perumahan Bumi Malaka Asri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian interdisiplin, dengan dukungan pendekatan Human-centered Design yang efektif untuk menciptakan mainan edukatif yang sesuai untuk anak usia dini. Mengacu kepada prinsip desain dan HCD,desain mainan edukatif tersebut terdiri atas empat aspek.Aspek pertama adalah affordance yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan mainan edukatif dengan baik. Aspek kedua adalah signifier yang membuat pengguna dapat menggunakan mainan edukatif tersebut dengan mudah dan melakukan nteraksi tertentu dengan baik. Aspek ketiga adalah aspek perkembangan anak. Aspek terakhir adalah aspek-aspek Desain Produk.