Kajian Semiotika Pada Ambient Media Bertemakan Film Cinderella Di Gerbong KeretaRel Listrik Jurusan Stasiun Kota - Stasiun Bogor
Main Author: | Danyawatie, Iin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://libprint.trisakti.ac.id/485/1/DAFTAR%20PUSTAKA.%20%20%20%20%20FULL.%20%20%20%20WM.%20%20%20%20HF.pdf http://libprint.trisakti.ac.id/485/ |
Daftar Isi:
- Jumlah iklan yang semakin banyak tayang di televisi membuat media lini atas ini menjadi menurun tingkat efektifitas dari segi waktu dan biaya sehingga Perusahaan Advertising Agency mulai mencari alternatif lain dari media lini bawah yaitu ambient media. Saat ini, pelayanan transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) semakin membaik dari segi ketepatan waktu, tata tertib dan kondisi Gerbong sudah lebih diperhatikan sehingga KRL semakin dipilih oleh masyarakat sebagai alat transportasi yang ekonomis untuk menghindari kemacetan Ibukota dan jumlah penumpang per hari kian meningkat. Hal ini menjadikan KRL Jabodetabek menjadi tempat menarik sebagai media placement.Seperti yang diperlihatkan pada respon positif dari ambient media dengan tema Cinderella yang dikaji dalam penulisan ini. Perancangan ambient media bertemakan Cinderella dirancang oleh VIAeight selaku Advertising Agency berdasarkan permintaan dari Perusahaan film animasi Disney yang akan menayangkan film Cinderella di Indonesia.Desain Ambient media Cinderella di Gerbong bertujuan merangkul target market dengan memberikan pengalaman menarik mengenai sebuah momen/cerita melalui sesuatu aktifitas yang berbeda di Ruang Gerbong untuk membangun interaksi dengan media yang terpasang di interior Gerbong KRL sehingga dapat memberikan memorable experience serta menanamkan brand awareness kepada target market.Semiotika sebagai suatu cabang ilmu yang mempelajari makna dari segala ikon,indeks, simbol yang dapat dijadikan sebuah metodologi untuk menganalisa makna semiosis yang terdapat pada karya desain ambient media tema Cinderella.