Kajian Ikonologi Pada Desain Iconology Studies On Exhibition Design

Main Author: Iswahyudi, Iawahyudi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://libprint.trisakti.ac.id/390/1/TESIS_AGUS%20NOOR%20MUHAMMAD_191110002.pdf
http://libprint.trisakti.ac.id/390/
Daftar Isi:
  • Fenomena eksibisi semakin berkembang seiring dengan lajunya pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia, dimana ajang pameran merupakan media promosi yang sangat diperlukan bagi setiap perusahaan/industri. Desain eksibisi sebagai desain visual estetik merupakan kolaborasi dari desain dan arsitektur. Desainer eksibisi menyuntikkan individualitas, keintiman, kompleksitas, humor, dan ironi ke dalam rancang bangunan stan. Ikon-ikon pada desain stan bertebaran dan sangat provokatif agar pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung tercapai dengan tujuan akhirnya adalah keuntungan bisnis. Desain sendiri (dalam arti artefak), bukan suatu hasil karya manusia yang dapat berdiri sendiri, merupakan akumulasi dari berbagai tatanan peradaban hidup manusia yang selalu mengalami perubahan. Dalam konteks berkarya, desain dapat diinterprestasikan sebagai satu atau kelompok "tanda" yang bermakna budaya atau sebagai "kode dalam konteks kebudayaan". Pada kenyataannya desain stan memiliki banyak makna yang disisipkan pada ikon-ikon stan pameran tersebut. Untuk mengetahui makna dan pola visual yang terdapat pada karya desain eksibisi, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ikonografi dan ikonologi, yang menitikberatkan pada penelaahan makna pada desain eksibisi, serta menginterprestasikan makna yang terkandung di dalamnya. Kata Kunci : Desain Eksibisi, Ikonologi, Makna, Kebudayaan.