Media Massa Sebagai Medium Komunikasi Simbolik Artifaktual Budaya Populer di Indoensia ( Studi Kasus Penelitian Sampul Muka Majalah Femina)

Main Author: Jasjfi, Elda Franzia
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pelita Harapan , 2013
Subjects:
Online Access: http://libprint.trisakti.ac.id/33/1/communique%20pdf.pdf
http://libprint.trisakti.ac.id/33/
Daftar Isi:
  • Media massa sebagai bagian dari aktivitas komunikasi di masyarakat budaya, telah menjadi medium bagi proses komunikasi simbolik di masyarakat Indonesia. Media massa tidak hanya menjadi penyampai pesan, tetapi juga berperan dalam proses penciptaan makna dalam kehidupan sehari-hari. Teks dalam media,baik dalam bentuk teks verbal maupun visual , merekam artefak-artefak budaya dalam suatu ruang dan waktu tertentu dan menyampaikan simbolisasi budaya dalam sutau ruang dan waktu tertentu dan menyampaikan simbolisasi budaya populer yang berlaku pada mnasa tersebut. sehingga penelitian media massa sebagai bagian dari penelitian komunikasi akan memberikan pemahaman dan literasi media yang penting bagi kemajuan industri media di Indonesia dan kecerdasan literasi masyarakat Indonesia. Dalam studi kasus sampul muka majalah Femina, penelitian dilakukan dalam dua tahapan metodologi, yaitu analisis struktur viusal sampul muka majalah dan analisis wacana. Analisis struktur viusal mengupas elemen-elemen pembentuk viusal pada sampul muka majalah dengan fokus perhatian pada model dan atribut fesyen, sedangkan analisis wacana dilakukan untuk memahami konteks interaksi sosial dan pengaruh ideologi, kekuasaan , ekonomi, dan pengaruh budaya populer yang melatarbelakangi terbitnya majalah Femina. Pada konteks interaksi sosial tersebut , bahasa visual menjadi medium interaksi yang menjadi fokus perhatian penelitian. Artefak budaya populer yang menjadi atibut fesyen model pada sampul muka majalah Femina menyampaikan makna budaya opuler bagi masyarakat Indoensia