Semiotika Film pada Iklan Televisi (Analisis Semiotika terhadap Iklan Televisi Bekas Jadi Berkah)
Main Author: | Halim, Bobby |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://libprint.trisakti.ac.id/294/1/full.pdf http://libprint.trisakti.ac.id/294/ |
Daftar Isi:
- Dalam sebuah iklan terkadang terdapat makna yang disajikan tidak lugas. Iklan OLX.co.id yang bertajuk “Bekas jadi berkah”,memiliki berdurasi 2 menit 1 detik dan menampilkan tokoh utama seorang pemuda dan ibunya. Iklan ini pertama kali ditayangkan pada saat bulan puasa tahun 2014. SEMIOTIKA FILM PADA IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN TELEVISI BEKAS JADI BERKAH) menelaah hubungan peletakan kamera (angle) dalam mempengaruhi pesan yang disampaikan oleh sebuah TVC dan bagaimana sinematografi digunakan sebagai retorika visual. Kajian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika film. Data TVC OLX.co.id BEKAS JADI BERKAH dikelompokan menjadi 4 struktur, yaitu Struktur Visual, Struktur Verbal ( Bahasa, Karakter, Setting, Waktu), Struktur Naratif dan Struktur Audio. Dianalisis secara diakronik dengan menggunakan pandangan signifier (penanda) dan signified (petanda). Penelitian ini mengungkapkan makna-makna yang terkandung pada TVC OLX.co.id BEKAS JADI BERKAH. Dengan menggunakan salah satu teori Ferdinand Saussure, TVC yang menjadi bahan kajian penulis diuraikan per adegan. Teori yang dipakai yaitu signifier (penanda) dan signified (petanda) untuk mencari makna-makna di setiap adegan pada TVC yang menjadi bahan kajian ini. sehingga pembaca dapat mengikuti proses analisa yang telah dilakukan oleh peneliti. Melalui analisa yang telah dilakukan oleh peneliti, telah ditemukan kesimpulan secara komprehensif. Kesimpulan pertama yaitu kebiasaan masyarakat Indonesia untuk bersedekah; kedua yaitu Agama menjadi nilai penting di tengah masyarakat Indonesia; ketiga yaitu makna kebahagiaan; terakhir yaitu Sinematografi merupakan alat Retorika yang ampuh