PENDEKATAN PARTICIPATORY PLANNINGPADA PERENCANAAN RUANG BELAJAR PENDIDIKANANAK USIA DINI (PAUD)
Main Authors: | Iskandar, Julindiani, Gandarum, Dedes Nur |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed |
Terbitan: |
Abdimas Pedagog
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://libprint.trisakti.ac.id/1336/ http://journal2.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/6554/5477 |
Daftar Isi:
- Perencanaan ruang belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ananda yang terletak di pemukiman padat penduduk dan padat bangunan Kecamatan Tambora, Jakarta Barat dilakukan karena kurangnya pengetahuan dan biaya untuk membangun dan melakukan perawatan. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan tambahan, pendampingan serta percontohan tentang fasilitas lingkungan belajar yang sehat. Penyuluhan, pendampingan serta percontohan yang dilakukan bersifat bottom up melalui pendekatan partisipatoryplanning. Hal ini dilakukan agar perencanaan, perancangan, dan perawatan fasilitas lingkungan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat, dapat diterima oleh masyarakat, sertamenjadi media pembelajaran masyarakat atau transfer of knowledge terkait perencanaan, perancangan, dan perawatan fasilitas lingkungan, khususnya fasilitas PAUD. Selain itu dengan pendekatan partisipatif ini diharapkan timbul rasa kepemilikan yang kuat (sense of belonging) yang akan menjadi modal dasar bagi pemeliharaan dan pengembangan fasilitas publik secara swadaya dan berkelanjutan. Kata kunci:Perencanaan;ruang belajar;partisipatory planning