Evaluasi Desain Media Sosial Untuk Branding Fakultas Seni Rupa Dan Desain Universitas Trisakti (Studi Kasus Instagram @fsrdusakti)

Main Authors: Franzia, Elda, Damayanti, Resky Annisa, Puspaningtyas, Valentina Ayu, Sastranegara, Karina Luthfiya
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Seni Rupa da Desain Universitas Trisakti , 2020
Subjects:
Online Access: http://libprint.trisakti.ac.id/1266/1/Elda%20Franzia_sertifikat%20Hak%20Cipta%20Laporan%20Penelitian.pdf
http://libprint.trisakti.ac.id/1266/
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/index.php/hakcipta/ckxzRW02ZzZVZHVUYXV0SHFoYkVqUT09?q=EC00202017414&type=1
Daftar Isi:
  • Media sosial Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer digunakan di Indonesia. Instagram memberi fasilitas dan membuka peluang besar bagi pelaku bisnis, komunitas, lembaga pemerintah, dan institusi pendidikan untuk melakukan berbagai kegiatan promosi. Kegiatan promosi dan pembentukan branding dilakukan menggunakan konten visual dan audio, berupa foto dan video. Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti telah memiliki akun Instagram @fsrdusakti yang dimulai sejak tahun 2016. Dalam penelitian awal, ada ketidakpuasan dari pengguna tentang desain media sosial Instagram @fsrdusakti yang dinilai kurang tertata rapi dan tidak menunjukkan identitas visual yang menarik dan interaktif. Berdasarkan masukan tersebut, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti meluncurkan desain baru Instagram @fsrdusakti pada puncak perayaan 50 tahun FSRD Universitas Trisakti pada tanggal 23 November 2019 yang lalu. Dengan adanya desain baru tersebut maka terdapat perubahan desain pada akun Instagram @fsrdusakti. Desain baru menyampaikan pesan komunikasi dan branding baru kepada penggunanya. Oleh karena itu maka perlu dievaluasi desain media sosial Instagram @fsrdusakti sebagai salah satu media branding Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti kepada khalayak sasaran, yaitu bagaimana pesan komunikasi visual branding disampaikan melalui elemen visual karakter ilustrasi dan warna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model penelitian desain yang mengungkapkan penjabaran analitis terhadap keberadaan desain. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi visual dan kuesioner kepuasan kepada pengguna yang meliputi civitas akademika dan siswa SMA sebagai calon mahasiswa. Analisis evaluatif dilakukan berdasarkan data penelitian terhadap (a) Karakter ilustrasi, (b) Warna, (c) Intagram Feed pada akun Instagram @fsrdusakti. Hasil dari penelitian ini adalah penjabaran evaluatif terhadap rangkuman analisis dan rekomendasi terhadap pengembangan desain media sosial Instagram @fsrdusakti yang akan bermanfaat untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti