Indentifikasi faktor risiko yang berpengaruh pada kinerja waktu pelaksanaan konstruksi jalan layang non tol

Main Author: Yuwono, Bambang Endro
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://libprint.trisakti.ac.id/1138/7/Identifikasi%20faktor%20risiko%20yang%20berpengaruh%20pada%20waktu%20pelaksana.pdf
http://libprint.trisakti.ac.id/1138/12/Peer%20Review%20identifikasi%20faktor%20resiko.pdf
http://libprint.trisakti.ac.id/1138/
Daftar Isi:
  • Pembangunan jalan layang tol semakin dibutuhkan untuk mendukung kelancaran transportasi darat. Pelaksanaan konstruksi jalan layang non tol yang dibangun di atas jalan eksiting yang padat lalu lintas dan tidak ditutup selama konstruksi berlangsung, sangat berpotensi mempengaruhi kinerja waktu. Berbagi konflik juga berpotensi timbul antara lain dengan pemakai jalan, masyarakat sekitar yang mata pencahariannya terganggu selama konstruksi dan konflik antar instansi khususnya yang terkait dengan relokasi beberapa utilitas. Pada saat ini sedang dibangun jalan layang non tol kampung melayu-tanah abang, dengan demikian terdapat proyekyang menarik sebagai bahan studi agar dapat ditarik pelajaran berharga untuk dipakai sebagai dasar perencanaan proyek sejenis dimasa mendatang sekaligus menambah kaya keilmuan. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah faktor risiko dominan apa saja yang berpengaruh pada kinerja waktu pelaksanaan konstruksi jalan laynag non tol. penelitian dilakukan dalam 2 tahap. tahap pertama adalah untuk mnegidentifikasi item-item pekerjaan jembatan layang non tol yang berkonstrbusi besar terhadap kinerja waktu. pelaksanaan item-item pekerjaan jembatan jembatan layang non tol yang berkonstribusi besar terhadap kinerja waktu yang didapat dari penelitian tahappertama kemudian masing-masing dirinci menghasilkan kuesioner faktor-faktor risiko yang berpengaruh pada kinerja waktu pelaksanaan konstruksi jalan layang non tol yang kemudian disebar kepada responden (penelitian tahap kedua. Hasilnya berupa faktor-faktor risiko yang dominan pada kinerja waktu pelaksanaan konstruksi jalan layang non tol.