Pendidikan progresif John Dewey: tinjauan di MAN Insan Cendekia Serpong Tangerang Selatan
Main Author: | Yuliani |
---|---|
Format: | Doctoral |
Terbitan: |
a-empat
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Sesuai dengan namanya, pendidikan progresif John Dewey merupakan teori pendidikan yang fokus kepada kemajuan atau liberasi peserta didik. Kemajuan atau progres tersebut adalah kemajuan dalam arti beralih dari aliran jaman dahulu yang selalu menekankan berpusat kepada pendidik dan teks yang berlebihan. Menurut progresif, pendidikan otoriter semacam itu memiliki banyak kelemahan karena secara ontologis, pandangan tersebut memang sudah keliru. Bagi progresif, manusia secara kodrati sudah dibekali dengan berbagai kemampuan, sehingga secara kodrati juga sudah berpiawai dalam melihat dan memecahkan masalah yang mengganggu eksistensinya. Pendidikan yang otoriter menurut progresif akan mengalami kegagalan dan hanya akan menghadapi berbagai kesulitan dalam mewujudkan tujuan-tujuan yang baik, karena tidak memberi ruang yang semestinya kepada kemampuan manusia yang sebenarnya justru merupakan motor penggerak atau daya kreatif dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi di dalam kehidupan.