PERAMALAN PENJUALAN SPAREPART MOTOR HONDA MENGGUNAKAN METODE TRENDMOMENT (Studi Kasus AHASS MOTOR PARE)
Main Authors: | Dikdawan, Yusuf Engga, Pradibta, Hendra, Astiningrum, Mungki |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Politeknik Negeri Malang
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP2016/article/view/55 http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP2016/article/view/55/53 |
Daftar Isi:
- Ahass Motor Pare merupakan sebuah Unit dagang yang bergerak di bidang penjualan spare part sepeda motor dan melayani jasa servise motor. Dimana Unit dagang ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga penjualan dan pembelian merupakan hal yang utama dalam perusahaan tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Ahas Motor Pare perlu memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas agardapat bertahan dan bersaing dalam usahanya. Forecasting atau peramalan merupakan kebutuhan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk meramalkan cuaca, pemasaran, memprediksi penjualan. Maka diperlukan sebuah sistem untuk memahami dan memiliki kemampuan dalam meramalkan kondisi masa depan baik dari sisi produksi maupun penjualan yang dibutuhkan.Salah satu metode yang digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan metode peramalan. Tujuan aplikasi Peramalan sparepart di ahass motor agar dapat membantu karyawan di ahass untuk meramalkan sparepart di tahun berikutnya. Penggunaan metode trend moment dalam meramalkan penjualan dapat di aplikasikan pada data yangbersifat musiman sekaligus trend. Dengan menggunakan nilai level, trend, dan faktor musim serta parameter α,ȕ,Ȗ untuk memperoleh hasil peramalan yang lebih akurat.