RANCANG BANGUN PERMAINAN EDUKATIF “STOP GLOBAL WARMING” MENGGUNAKANMETODE FISHER YATES SHUFFLE
Main Authors: | Puteri, Fitria Hati, Astiningrum, Mungki, Kusbianto P. A, Deddy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Politeknik Negeri Malang
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP2016/article/view/5 http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP2016/article/view/5/5 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran tentang lingkungan kepada anak melalui media permainan edukatif akan bermanfaat dalam menanamkan sikap peduli lingkungan sejak dini. Sesuai dengan isu pemanasan global atau Global Warming yang terjadi saat ini, maka penulis membuat aplikasi permainan edukatif bertema global warming. Tujuan pembuatan aplikasi permainan ini adalah untuk memberikan edukasi dan ajakan mencintai lingkungan kepada anak khususnya usia 7-13 tahun. Tahapan penyelesaian permainan ini menggunakan metode pengembangan multimedia. Terdapat menu belajar yang berisi pembelajaran tentang global warming dan cinta lingkungan, serta terdapat menu permainan yang berisi permainan hemat energi, permainan penghijauan, permainan membuang sampah sesuai jenisnya pada 2 tong sampah, dan permainan membuang sampah sesuai jenisnya pada 4 tong sampah. Dalam setiap jenis permainan menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle untuk mengacak munculnya lampu, benih, dan item-item sampah yang tersebar.