Analisis simpatetik trip akibat gangguan ground fault pada sistem proteksi motor

Main Authors: Wibowo, Sigi Syah, Wiharya, Chandra, Nurhadi, Slamet
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: P2M Politeknik Negeri Malang , 2020
Online Access: http://eltek.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/209
http://eltek.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/209/143
Daftar Isi:
  • Beban pada unit PA dan CT bekerja dalam tegangan operasi 6 KV dan terangkai dalam satu bus. Terjadi gangguan satu fasa ke tanah pada salah satu motor yang terdapat pada unit CT, yaitu motor MP6521C. Seharusnya relay gangguan tanah (ground fault relay) yang terdapat pada unit CT akan bekerja, tetapi gangguan tersebut juga membuat relai yang terdapat di unit PA juga bekerja, sehingga lima motor yang terdapat di unit PA juga mati. Gangguan ini disebut sebagai gangguan simpatetik. penyebab terjadinya gangguan simpatetik pada 5 motor di unit PA menyebabkan tegangan tegangan turun menjadi 1,8kV dari saat beroperasi normal sebesar 6kV. Karena beban motor adalah jenis beban dengan VA tetap yakni 120KW akan menyebabkan kenaikan arus terjadi di 5 motor unit PA adalah sebesar 32,71 A. Sedangkan untuk setting OC sebesar 18A. Hal ini yang menyebabkan relai pada 5 motor unit PA bekerja dan membuka CB sehingga kelima motor mati.   The load on the PA and CT units work in the operating voltage of 6 KV and are assembled in one bus. There is phase to the ground fault on one of the motors in the CT unit, namely Motor MP6521C. Ground fault relay in the unit will work, but the interference also makes the relay in the PA unit also works, so the five motors in the PA unit is also trip. These disorders are referred to as sympathetic trip. The cause of the sympathetic disorder in 5 motors in PA units led to a voltage dropped to 1, 8kV from normal operating time of 6kV. Because the motor load is a type of load with a fixed VA that is 120KW will cause a current increase occurs in 5 Motors PA units are 32.71 A. As for setting OC of 18A. This is what causes the relay on 5 Motors of PA units to work and unlock the CB so that the five motors shutdown.