Daftar Isi:
  • Sarana penampungan keluhan di lingkungan Politeknik Negeri Malang memilikibanyak kendala dalam proses penyampaian kepada pihak pengelola komplain di KantorJaminan Mutu (KJM). Dalam proses penanganan keluhan di lingkungan Politeknik NegeriMalang masih di lakukan secara manual. Dengan adanya Sistem Informasi E-Complaint diPoliteknik Negeri Malang ini dapat memudahkan mahasiswa-mahasiswi, dosen, dan staffuntuk menyampaikan keluhan secara online, melihat tampilan keluhan yang disertaipenanganannya dan dapat memudahkan pihak pengelola dalam penerimaan keluhan,mempercepat dalam penanganan keluhan. Selain itu, data yang di dapatkan lebih lengkap danup to date karena dalam Sistem Informasi E-Complaint ini dapat mencegah hilangnya beberapadata keluhan yang telah disampaikan. Aplikasi ini dirancang dan di implementasikanmenggunakan PHP, MySQL, JavaScript, Xampp, CSS, dan Bootsrap. Dari hasil pengujian iniyang telah dilakukan oleh pihak pengelola (KJM) secara langsung, dapat disimpulkan bahwasistem ini sudah sesuai dengan prosedur yang ada dan dapat diterapkan di Kantor JaminanMutu.Kata Kunci : Rancang Bangun Sistem Informasi E-Complaint, online, up to date, KJM(Kantor Jaminan Mutu).Means of complaint media at State Polytechnic of Malang has many difficulties in theprocess of delivering to the manager of complaint at the Office of Quality Assurance (KJM).In the process of handling complaints at State Polytechnic of Malang is still be done manual.The presence of E-Complaint Information Systems at Polytechnic of Malang is to facilitate thestudents, lecturers, and staff to submit complaints online, viewing and handling complaintsthat makes the manager easy to facilitate the acceptance of complaints, and the handling ofcomplaints. Beside that data is getting complete and up to date as the E-complaint InformationSystem can prevent loss of some of the data complaint that has been conveyed. This applicationis designed and implemented using PHP, MySQL, JavaScript, Xampp, CSS, and Bootstrap.From the result of this test that has been done by the manager of KJM directly, it can beconcluded that this system is in accordance with the existing procedures and can be applied inthe Office of Quality Assurance.Keywords: Design of Information System E-Complaint, online, up to date, KJM (QualityAssurance Office).