PENGEMBANGAN APLIKASI GAME ARCADE 3DMARI SELAMATKAN HUTAN INDONESIA
Main Authors: | ABDILLAH IBNU FIRDAUS, Pembimbing: (1) Dyah Ayu Irawati, ST.,MCs., (2) Ridwan Rismanto ,S.ST.,M.Kom. |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.jti.polinema.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1818 http://digilib.jti.polinema.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/1_SKRIPSI.jpeg.jpeg |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi di dunia saat ini semakin pesat, khususnya game untuk PC / Notebookataupun game smartphone. Terlebih perkembangan dalam sebuah permainan game sudahsemakin menarik dengan dibuatnya kecerdasan buatan kepada non player character, sehinggapermainan akan semakin menantang dan terasa lebih realistis. Dengan menerapkan algoritmaA* dianggap mampu meningkatkan kecerdasan Non Player Character (NPC) bertipe enemy.Maka dibuatlah sebuah game arcade 3D Mari Selamatkan Hutan Indonesia sebagai mediasosialisasi sekaligus pembelajaran tentang pentingnya peran kita dalam kelestarian hutan.Pengujian yang telah dilakukan menunjukan tingkat ketertarikan pengguna sebesar 70%,sedangkan dengan adanya kecerdasan buatan pada NPC mendapat kepuasan pengguna sebesar81%. Dengan demikian, game yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan dengan menerapkanalgoritma A* sebagai pencarian jalur terpendek dinilai sudah cukup tepat sebagai mediasosialisasi tentang lingkungan hutan.Kata kunci : game, kecerdasan buatan, pathfinding A*, arcadeABSTRACTFirdaus, Abdillah Ibnu. “Development of Application Game Arcade 3D Let's Save TheIndonesian Forest”. Advisors: (1) Dyah Ayu Irawati, ST.,MCs., (2) Ridwan Rismanto,S.ST.,M.Kom.Thesis, Department of information Engineering, Department of Information Technology,Polytechnic of Malang. 2016.The development of technology nowadays is increasing rapidly, particularly games for PC /notebook or games for smarthpone. Especially the development of the game is more interestingwith the making of artificial intelligence to the non-player character, so the game will becomemore challenging and feels more realistic. By implementing A* algorithm to this researchpurpose enhance the intelligence of the Non-Player Character (NPC) type of enemy. Then bemade a game arcade 3D Let's Save The Indonesian Forest as a medium of socialization andlearning about the importance of our role in forest conservation. Testing result indicate thelevel of user interest by 70%, while in the presence of artificial intelligence at the NPC haveusers satisfaction by 81%. Accordingly, the game is equipped with artificial intelligence byapplying the A* algorithm as a searching tool for the shortest path is considered to be quiteappropriate as a medium of socialization of the forest environment.Keyword : game, artificial intelligence, pathfinding A*, arcade