RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY SISTEM PERNAPASAN DAN PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA SMP

Main Authors: NOVIE DIAN ARDIYANI, ROCHMAN SYAHRUL HUDA, Pembimbing: (1) Ekojono, ST., M.KOM (2) Dhebys Suryani Hormansyah, S.Kom., M.T.
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.jti.polinema.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1669
http://digilib.jti.polinema.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/1_LA.jpeg.jpeg
Daftar Isi:
  • Pembelajaran mata pelajaran Biologi selama ini dilakukan secara konvesional yaitu melalui buku pelajaran, sehingga membuat siswa hanya melihat teks dan gambar. Untuk menarik minat belajar, siswa akan lebih tertarik jika dapat melihat langsung proses berupa animasi tiga dimensi karena lebih mudah mengingat materi yang diberikan. Sistem pernapasan dan peredaran darah manusia merupakan salah satu materi yang ada dalam pelajaran Biologi untuk kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dengan diterapkan teknologi Augmented Reality, siswa dapat berinteraksi melalui dunia objek digital secara lebih nyata.Perancangan aplikasi Augmented Reality Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia untuk Siswa SMP ini dibuat menggunakan tampilan tiga dimensi (3D) dengan aplikasi Blender. Pembuatan aplikasi augmented reality dengan platform Android menggunakan game engine Unity. Dari hasil uji fungsional, dapat disimpulkan bahwa aplikasi memungkinkan user mendapatkan informasi terkait dengan sistem pernapasan dan peredaran darah manusia secara lebih menarik dan interaktif.Kata kunci: Sistem pernapasan, sistem peredaran darah, Augmented Reality, AndroidBiology is only taught in conventional way through books so it makes the students only pay their attention to texts and pictures To catch their interest, the lesson will get more interesting and interactive if the students can look at the process directly in the form of 3D as it makes students memorize it at ease. Respiratory and blood circulation system are examples from Biology for second grade of Junior High School. By applying Augmented Reality, they can take a lesson interactively through digital object in a reality.The design of Augmented Reality in respiratory and blood circulation system for Junior High School students is made with Blender application. The making of AR application with android platform uses game engine unity. Based on the functional test conducted by the researchers, it can be concluded that by applying the application, the users can gain the information related to the human respiratory and blood circulation system can be conveyed interestingly and interactively to the students.Keywords: Human respiratory, Human blood circulation, Augmented Reality, Android