RANCANG BANGUN PERMAINAN EDUKATIF “STOP GLOBAL WARMING” MENGGUNAKAN METODE FISHER YATES SHUFFLE
Main Authors: | Deddy Kusbianto Purwoko Aji, Ir., M.MKom, Mungki Astiningrum, ST., M. Kom, FITRIA HATI PUTERI |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.jti.polinema.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1632 http://digilib.jti.polinema.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Skripsi_2016.png.png |
Daftar Isi:
- Pembelajaran tentang lingkungan kepada anak melalui media permainan edukatif akanbermanfaat dalam menanamkan sikap peduli lingkungan sejak dini. Sesuai dengan isupemanasan global atau Global Warming yang terjadi saat ini, maka penulis membuat aplikasipermainan edukatif bertema global warming. Tujuan pembuatan aplikasi permainan ini adalahuntuk memberikan edukasi dan ajakan mencintai lingkungan kepada anak khususnya usia 7-13 tahun. Tahapan penyelesaian permainan ini menggunakan metode pengembanganmultimedia. Terdapat menu belajar yang berisi pembelajaran tentang global warming dan cintalingkungan, serta terdapat menu permainan yang berisi permainan hemat energi, permainanpenghijauan, permainan membuang sampah sesuai jenisnya pada 2 tong sampah, danpermainan membuang sampah sesuai jenisnya pada 4 tong sampah. Dalam setiap jenispermainan menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle untuk mengacak munculnya lampu,benih, dan item-item sampah yang tersebar. Uji coba pada permainan dilakukan denganujicoba alfa dan beta. Kuesioner dilakukan kepada anak sekolah dasar sejumlah 20 responden.85% setuju bahwa tampilan menarik, 84% setuju bahwa permainan memberikan ajakan yangbaik dan memberi materi yang baik tentang lingkungan dan global warming, 81% setuju bahwapermainan mudah digunakan.Kata Kunci: Permainan Edukatif, Stop Global Warming, Fisher Yates Shuffle.Teaching the children about environment through a medium of educational game willbe useful to develop children’s awareness about environment. In accordance with the recentissues of global warming, the author develops an application of global warming educationalgames. The purpose of making this game app is to provide environmental education andawareness for children, aged 7-13. Moreover, the process to complete this game is usingmultimedia development. There are a menu about global warming learning and lovingenvironment and games that contain energy saving , reforestation and putting the rubbish into2 kinds of trash can and 4 kinds of trash can. Each game in this app uses Fisher Yates Shufflealgorithm to shuffle the appearance of light, seed, and trash. The game is tested into two kinds:alpha and beta test. The questionnaire is also given to 20 respondentsand the results show that85% agree that the game looks interesting, 84% agree that the game provides good campaignand material about the environment and global warming and 81% agree that the game is easyto use.Keywords: Educational Game, Global Warming, Fisher Yates Shuffle.