IMPLEMENTASI KENDALI LQR UNTUK PENGENDALIAN SIKAP LONGITUDINAL PESAWAT FLYING WING
Main Authors: | Susanto, Try, Riskiono, Sampurna Dadi, Rikendry, Rikendry, Nurkholis, Andi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Poltek ST Paul
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.poltekstpaul.ac.id/index.php/jelekn/article/view/257 http://jurnal.poltekstpaul.ac.id/index.php/jelekn/article/view/257/180 |
Daftar Isi:
- Perkembangan pesawat tanpa awak dalam beberapa tahun terakhir menjadi perhatian banyak pihak dan menarik banyak peminat. Pesawat tanpa awak telah banyak digunakan untuk berbagai misi, diantaranya adalah untuk pemetaan wilayah dan militer. Bentuk pesawat tanpa awak yang relative kecil, menjadikan sensitive terhadap gangguan lingkungan terutama angin, hal tersebut dapat menyebabkan pesawat kehilangan kestabilan dan mengalami stall, sehingga menggagalkan misi penerbangan. Oleh karena itu diperlukan sistem kendali yang yang kuat dan cepat untuk mengatur konfigurasi gerak agar tidak terjadi stall. Pada penelitian ini metode kendali LQR diterapkan untuk mengendalikan sudut roll pada pesawat agar mampu mempertahankan kestabilan sikap longitudinal. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, metode kendali LQR mampu mengendalikan sudut roll pesawat sehingga pesawat mampu mempertahankan kestabilan sikap longitudinal, terbukti ketika sudut roll diberikan gangguan, terjadi overshoot sebesar 4,28o , namun pesawat dengan cepat mampu kembali ke keadaan semula dengan rise time 0,7 detik, setling time 1,3 detik dan kecendrungan steady state error sebesar 1,37o