PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI

Main Authors: Septiyani, Sundari, Kurniah, Nina
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Bengkulu , 2017
Online Access: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3717
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3717/1965
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek kelompok eksperimen B3 dan subjek kelompok kontrol B6. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Teknik analisis menggunakan (uji t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam kemampuan berbicara (thitung 5,437 ? dari ttabel 2,145) dengan rata-rata kelompok eksperimen 13,7 (baik) dan kelompok kontrol 13,1 (baik). Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media big book sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini.