PROFIL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI

Main Author: Wasikin Haryanti, Eny Hartadiyati
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Semarang , 2017
Online Access: http://journal.upgris.ac.id/index.php/bioma/article/view/1496
http://journal.upgris.ac.id/index.php/bioma/article/view/1496/1255
Daftar Isi:
  • Agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik maka mahasiswa calonguru perlu mempunyai pengetahuan tentang pengajaran untuk konten yangspesifik yang dinamakan PCK (Pedagogical Content Knowledge). Dengandemikian sangat penting mengetahui profil PCK mahasiswa calon gurubiologi. Partisipan adalah mahasiswa biologi Program Studi PendidikanBiologi semester VI sejumlah 32 orang. Diketahui profil PCK mahasiswacalon guru biologi di level Growing PCK yaitu sudah dapat memperlihatkanintegrasi antara konten dan pedagogi sesuai dengan kurikulum dan dapatmelakukan assesmen namun kesemuanya belum fleksibel dan rasional. LevelGrowing PCK sebesar 65,13% , Pra PCK masih sebesar 28,13%, dan hanya6,25% sudah mencapai level Maturing PCK.Kata Kunci : calon guru biologi, PCK (Pedagogical Content Knowledge)