ANALISIS CONTENT KNOWLEDGE GURU BIOLOGI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI VIRUS
Main Authors: | Setianingsih, Setianingsih, Hartadiyati W.H, Eny |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Semarang
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/bioma/article/view/1473 http://journal.upgris.ac.id/index.php/bioma/article/view/1473/1234 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui content knowledge gurubiologi dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran materi virus olehguru di salah satu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kota Semarang. Datadiperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif untuk mengetahui Content Knowledge guru biologi dandeskriptif kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content knowledge guru biologi materi virusmeliputi aspek kesesuaian materi sudah sesuai dengan Silabus, KD(Kompetensi Dasar), indikator materi, dan tujuan pembelajaran; aspekkeluasan dan kedalaman materi virus terdiri dari pengertian virus, ciri-cirivirus dan klasifikasi virus, cara hidup virus, reproduksi virus, peranan virus,penyakit yang disebabkan oleh virus sampai pencegahan virus yang sudahsesuai dengan RPP, buku biologi sebagai sumber belajar yang merujuk padabuku Campbell sebagai referensi pembelajaran; aspek pengembangan materiguru terlihat dalam bentuk buku biologi yang digunakan, mediapembelajaran, internet sebagai sumber belajar dan seminar atau workshopyang diikuti untuk mengetahui perkembangan biologi khususnya materi virus.Hasil belajar kognitif siswa materi virus menunjukkan 100% siswa tuntasbelajar.Kata kunci : content knowledge guru biologi, hasil belajar kognitifsiswa.