PENGUKURAN EFEKTIFITAS PEMASARAN YANG TEPAT GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. GLOBAL GENETICS INDONESIA
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada PT. Global Genetics Indonesia khususnya bauran pemasaran (Marketing Mix) yang diterapkan perusahaan. Kemudian untuk mengetahui hasil analisa Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities), dan Tantangan (Threat) serta gambaran strateginya sehingga dapat diaplikasikan untuk peningkatan penjualan produk. Dengan menggunakan Teknik penelitian SWOT, Matriks, EFAS, dan IFAS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke PT. Global Genetics Indonesia untuk melakukan wawancara pribadi dengan Manager Ibu Herlina dan dilengkapi dengan data-data penjualan Tahun 2018. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan pada strategi pemasaran PT. Global Genetics Indonesia adalah perusahaan telah menjalankan strategi pemasaran dengan benar dan tepat dan pada perhitungan analisis SWOT yang di posisi kuadran 1 yaitu Growth. Yang mana perusahaan dapat mengembangkan, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar masyarakat terus percaya pada produk Proderma. Lalu perusahaan telah memenuhi karakter dan paradigma pemasaran syariah dengan memenangkan mind share, market share dan heart share. Meskipun dari sisi variabel produk pada marketing mix nya, produk PT. Global Genetics Indonesia. Tetapi dalam sisi kegiatan proses pemasaran nya perusahaan jujur dengan apa yang ditawarkan dan tidak berlebihan. Kata Kunci : SWOT, IFAS, EFAS, ABSTRACT This study aims to analyze the marketing strategy at PT. Global Genetics Indonesia especially the marketing mix applied by the company. Then to find out the results of Strength analysis, Weakness, Opportunities, and Threats as well as an overview of the strategy so that it can be applied to increase product sales. Using SWOT, Matrix, EFAS, and IFAS research techniques. This research uses a qualitative method, which is a case study that produces descriptive data that is set forth in words. Data collection techniques in this study the authors made a direct visit to PT. Global Genetics Indonesia to conduct a personal interview with Manager Ms. Herlina and complete with sales data for 2018. The conclusion of the analysis conducted on the marketing strategy of PT. Global Genetics Indonesia is a company that has implemented a marketing strategy correctly and appropriately and in the calculation of the SWOT analysis in quadrant position 1, namely Growth. Which the company can develop, maintain and improve the quality of products so that people continue to believe in Proderma products. Then the company has fulfilled the character and paradigm of sharia marketing by winning mind share, market share and heart share. Although in terms of product variables in its marketing mix, PT. Global Genetics Indonesia. But in terms of its marketing process activities the company is honest with what is offered and is not excessive. Keywords: SWOT, IFAS, EFAS,