ANALISIS MARKET BASKET MENGGUIAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING)

Main Author: JALALUDIN, MUHAMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/57798/1/1.%20Halaman%20Sampul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/2/2.%20Halaman%20Judul.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/3/3.%20Surat%20Pernyataan%20Orisinalitas.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/4/4.%20Surat%20Persetujuan%20Publikasi%20Tugas%20Akhir.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/5/5.%20Surat%20Pernyataan%20Luaran%20Tugas%20Akhir.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/6/6.%20Lembar%20Persetujuan%20Penguji.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/7/7.%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/8/8.%20Abstrak.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/9/9.%20Abstract%20inggris.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/10/10.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/11/11.%20Daftar%20Isi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/12/12.%20Daftar%20Tabel.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/13/13.%20Daftar%20Gambar.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/14/14.%20Naskah%20Jurnal.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/15/15.%20Kertas%20Kerja.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/16/16.%20BAGIAN%201%20Literatur%20Review.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/17/17.%20BAGIAN%202%20Analisis.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/18/18.%20BAGIAN%203%20Data%20Set.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/19/19.%20BAGIAN%204%20Tahapan%20Experimen.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/20/20.%20BAGIAN%205%20Hasil%20Semua%20Experimen.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/21/21.%20Lampiran%20Bukti%20Submit%20dan%20Korespondensi%20Jurnal.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/22/22.%20Kartu%20Asistensi.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57798/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pada saat ini penjualan produk farmasi, khususnya obat-obatan cenderung mengalami peningkatan setiap bulannya.Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat untuk menjaga kesehatanya dan sebagai tindakan preventif dari serangan penyakit yang bisa saja datang secara mendadak.Sebagai alat pendukung pengambilan keputusan pada perusahaan penyediaan kebutuhan obat-obatan, maka dipandang perlu untuk mengetahui jenis obat dengan penjualan terbanyak dan kecenderungan minat masyarakat untuk membelinya.Untuk kebutuhan tersebut diperlukan melakukan pengolahan data yang dimiliki perusahaan untuk mengetahuinya. Data yang ada selanjutjnya akan di dipelajari dengan menggunakan algoritma apriori dan market basket analysis. Salah satu tahap analisis asosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menghasilkan algoritma yang efisien adalah analisis pola frequensi tinggi(frequent pattern mining). Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur , yaitu : support dan confidence. Support (nilai penunjang) adalah persentase kombinasi item tersebut dalam database, sedangkan confidence (nilai kepastian) adalah kuatnya hubungan antar-item dalam aturan asosiasi. Algoritma apriori dapat membantu untuk pengembangan strategi pemasaran. Kata kunci: Asosiasi, Apriori, Market Basket Analysis, Penjualan . ABSTRACT At present, sales of pharmaceutical products, especially medicines, tend to increase every month. This is due to the need of the community to maintain their health and as a preventive measure for attacks from diseases that can come suddenly. As a decision support tool for companies providing drug needs, it is deemed necessary to know the type of drug with the most sales and the tendency of the public to buy it. For these needs it is necessary to do data processing owned by the company to find out. The next data will be studied using a priori algorithm and market basket analysis. One of the stages of association analysis that attracted the attention of many researchers to produce efficient algorithms is the analysis of high frequency patterns. The importance of an association can be known by two benchmarks, namely: support and confidence. Support (supporting value) is the percentage of the combination of items in the database, while confidence (the value of certainty) is the strength of the relationship between items in the association rules. Priori algorithms can help to develop marketing strategies. Key words: Association, Apriori, Market Basket Analysis, Sales.