Implementasi Algoritma C4.5 pada Aplikasi E-Commerce Showroom Ahass Honda
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pada era informasi saat ini, banyak usaha yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan kinerja usahanya. Dalam hal ini tentunya E-Commerce dapat mempermudah pihak yang terkait dalam suatu usaha atau perusahaan untuk memasarkan produknya kepada konsumen. Data mining merupakan proses menganalisa data dari perspektif yang berbeda dan menyimpulkannya menjadi informasi-informasi penting yang dapat di pakai untuk meningkatkan keuntungan, memperkecil biaya pengeluaran, atau bahkan keduanya. Dengan banyaknya data yang dihasilkan maka diperlukan adanya sebuah algoritma untuk memprediksi stok motor yang akan dibeli. Beberapa penelitian terkait algoritma C4.5 telah dilakukan di berbagai bidang diantaranya gudang dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma C4.5 yang mempermudah pengambilan keputusan khususnya pada website e-commerce Showroom Ahass Honda. Metode pengambilan keputusan pada algoritma C4.5 ini dimulai dengan mengumpulkan data set dari penjualan motorselain itu untuk pengembangan website e-commerce Showroom Ahass Honda sendiri menggunakan waterfall. Dalam penelitian ini, algoritma C4.5 berhasil diterapkan ke dalam website e-commerce Showroom Ahass Honda untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan. Kata Kunci : e-commerce, data mining, algoritma c4.5, waterfall . ABSTRACT In the current information era, many businesses use information technology to develop their business performance. In this case, of course E-Commerce can facilitate the parties involved in a business or company to market their products to consumers. Data mining is the process of analyzing data from different perspectives and concluding it into important information that can be used to increase profits, reduce expenditure costs, or even both. With the amount of data generated, it is necessary to have an algorithm to predict the motorbike stock to be purchased. Several studies related to the C4.5 algorithm have been carried out in various fields including warehouses and so on. This study aims to implement the C4.5 algorithm that facilitates decision making especially on the Ahass Honda Showroom e-commerce website. The decision making method in the C4.5 algorithm was started by collecting data sets from the sales of motors in addition to the development of the Ahass Honda e-commerce website using the waterfall. In this study, the C4.5 algorithm was successfully applied to the Ahass Honda Showroom e-commerce website to facilitate decision making. Keywords: e-commerce, data mining, c4.5, waterfall algorithm .