IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA E-COMMERCE SATE TAICHAN PAPAYOS RANCHO
Daftar Isi:
- ABSTRAK Perkembangan data yang semakin heterogen dengan volume yang berkembang secara eksponensial, membuat data mining diperlukan untuk membantu perusahaan industri atau perusahaan dalam mengambil keputusan strategis bisnis yang baik. Tetapi jika dilakukan secara manual atau konvensional maka proses penemuan pola baru ini menjadi sulit untuk diketahui dan dibaca, selain itu pemahaman terhadap metodologi data mining itu sendiri memiliki peran yang penting. Beberapa metodologi telah diajukan untuk menemukan pola baru dalam kumpulan data salah satunya adalah market basket analysis atau dikenal sebagai aturan asosiasi (association rule). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola baru pada data transaksi industri rumah makan menggunakan aturan asosiasi dengan metoda apriori. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data transaksi Rumah Makan Sate Taichan Papayos Rancho. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa metoda apriori dapat digunakan pada data transaksi industri rumah makan, dalam hal ini pada data transaksi Rumah Makan Sate Taichan Papayo Rancho sebagai obyek penelitian dan menerapkannya pada aplikasi berbasis web. Kata kunci: data mining, apriori, market basket analysis, aturan asosiasi (association rule), industri rumah makan. ABSTRACT The development of increasingly heterogeneous data with exponentially growing volumes, makes data mining necessary to help industrial companies or companies in making good business strategic decisions. But if it is done manually or conventionally, the process of discovering this new pattern becomes difficult to know and read, besides that the understanding of the data mining methodology itself has an important role. Several methodologies have been proposed to find new patterns in the data collection, one of which is market basket analysis, otherwise known as association rules. This study aims to find new patterns in data on restaurant industry transactions using association rules with apriori methods.. This research was conducted using transaction data for Restaurant Sate Taichan Papayos Rancho. The results of the research that have been carried out show that the apriori method can be used in the restaurant industry transaction data, in this case the data on the transaction of Restaurant Sate Taichan Papayos Rancho as an object of research and apply it to web-based applications. Keywords : data mining, apriori, market basket analysis, association rule, restaurant industry.