Implementasi Aplikasi Game Untuk Pembelajaran Berbasis 3D (Studi Kasus Pengenalan Hewan)

Main Author: WIRATNO, DENI AGUNG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/57579/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/2/2.%20SURAT%20PERNYATAAN%20ORISINALITAS.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/3/3.%20SURAT%20PERNYATAAN%20PERSETUJUAN%20PUBLIKASI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/4/4.%20SURAT%20PERNYATAAN%20LUARAN%20TUGAS%20AKHIR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/5/5.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/6/6.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20PENGUJI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/7/7.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/8/8.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/9/9.%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/10/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/11/11.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/12/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/13/13.%20NASKAH%20JURNAL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/14/14.%20KERTAS%20KERJA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/15/15.%20BAGIAN%201%20LITERATURE%20REVIEW.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/16/16.%20BAGIAN%202%20ANALISIS%20DAN%20PERANCANGAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/17/17.%20BAGIAN%203%20SOURCE%20CODE.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/18/18.%20BAGIAN%204%20DATASET.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/19/19.%20BAGIAN%205%20TAHAPAN%20EKSPERIMEN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/20/20.%20BAGIAN%206%20HASIL%20SEMUA%20EKSPERIMEN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57579/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Semakin tingginya minat masyarakat akan game menuntut para designer dan developer industri kreatif untuk mengembangkan ide dan kemampuannya. Game mempunyai berbagai macam jenis mulai dari aksi, petualangan, game shooter ,lalu terdapat juga jenis game edukasi. Game edukasi merupakan permainan yang dikemas untuk merangsang daya pikir dan termasuk salah satu cara untuk melatih meningkatkan konsentrasi penggunanya (anak-anak). Pemanfaatan teknologi Game edukasi pada proses belajar mengajar anak merupakan salah satu cara yang tepat, proses penyampaian dengan pemain secara langsung terlibat dalam permainan membuat materi pembelajaran mudah di mengerti. penelitian ini dikembangkan sebuah game edukasi yang bertujuan untuk membantu anak-anak untuk lebih memahami dan mengenal hewan mulai dari bentuk hewan, suara hewan, warna dari hewan dan informasi lain terkait pada hewan tersebut, dengan visualisasi 3D akan lebih menarik dan interaktif untuk di mainkan. Kata Kunci : Game, Game Edukasi. Unity 3D, Pengenalan Hewan. ABSTRACT The increasing public interest in games requires designers and creative industry developers to develop their ideas and abilities. Games have various types ranging from action, adventure, shooter games, then there are also types of educational games. Educational game is a game that is packaged to stimulate thinking power and is one of the ways to train to increase the concentration of users (children). Utilization of technology Educational games in the teaching and learning process of children is one of the right ways, the process of delivering with players directly involved in the game makes learning material easy to understand. this research was developed an educational game that aims to help children to better understand and get to know animals ranging from animal shapes, animal sounds, colors from animals and other information related to these animals, with 3D visualization will be more interesting and interactive to play with. Keywords: Game, Educational Game. Unity 3D, Animals introduction.