IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE UNTUK MEMPERLIHATKAN KETERKAITAN BARANG DALAM MENDUKUNG PERSEDIAAN DENGAN ALGORITMA APRIORI ( Studi kasus Reseller di Instagram )
Daftar Isi:
- ABSTRAK — Pada saat ini penjualan barang banyak dilakukan secara online. Tujuan penjualan dilakukan secara online dalam rangka meningkatkan penjualan karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Seiring dengan berkembangnya penjualan online mendorong berkembangnya aplikasi penjualan secara online. Aplikasi penjualan online membuat tranasksi penjualan terjadi dengan cepat sehingga pergerakan persediaan barang juga berlangsung cepat. Ada kalanya barang yang dibeli lebih dari satu dan terjadi secara bersamaan. Informasi mengenai perilaku pelanggan yang membeli barang secara bersamaan sangat membantu untuk menentukan persediaan barang sehingga dapat menghindari kekosongan persediaan barang. Ada beberapa metode yang digunakan untuk mengetahui keterkaitan pembelian barang. Salah satunya dengan menggunakan algoritma apriori. Tulisan ini bertujuan untuk membangun aplikasi penjualan yang didukung dengan fasilitas mengelolan data penjualan guna mengetahui keterkaitan lebih dari satu penjualan barang dengan menggunakan algoritma apriori. Kata Kunci : Penjualan Online, Pembelian, Stok Produk, Algoritma Apriori. ABSTRACT At present, the sale of many goods is done online. The purpose of sales is done online in order to increase sales because it can be done anytime and anywhere. As online sales develop, it encourages the development of online sales applications. Online sales applications make sales transactions happen quickly so that the movement of goods inventory also takes place quickly. There are times when items are purchased more than one and occur simultaneously. Information about the behavior of customers who buy goods simultaneously is very helpful to determine the inventory of goods so as to avoid the vacuum of inventory. There are several methods used to determine the relationship between the purchase of goods. One of them is by using apriori algorithm. This paper aims to build a sales application that is supported by the facility of managing sales data in order to determine the relationship of more than one sale of goods using apriori algorithms. Keywords: Online Sales, Purchases, Stock Products, Apriori Algorithms