Aplikasi Media Promosi Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus Universitas Mercu Buana)

Main Author: Prasetyo, Sonyawan Billy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.mercubuana.ac.id/57562/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/2/2.%20LEMBAR%20PERNYATAAN%20ORISINALITAS.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/3/3.%20SURAT%20PERNYATAAN%20PERSETUJUAN%20PUBLIKASI%20TUGAS%20AKHIR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/4/4.%20SURAT%20PERNYATAAN%20LUARAN%20TUGAS%20AKHIR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/5/5.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/6/6.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20PENGUJI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/7/7.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/8/8.ABSTRAK%20KERTAS%20KERJA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/9/9.%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/10/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/11/11.%20NASKAH%20JURNAL.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/12/12.%20KERTAS%20KERJA.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/13/13.%20BAGIAN%201.%20LITERATURE%20REVIEW.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/14/14.%20BAGIAN%202.%20ANALISIS%20DAN%20PERANCANGAN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/15/15.%20BAGIAN%203.%20SOURCE%20CODE.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/16/16.%20BAGIAN%204.%20DATASET.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/17/17.%20BAGIAN%205.%20TAHAPAN%20EKSPERIMEN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/18/18.%20BAGIAN%206.%20HASIL%20SEMUA%20EKSPERIMEN.pdf
http://repository.mercubuana.ac.id/57562/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Promosi merupakan salah satu kunci dalam sebuah usaha pemasaran agar meningkatkan daya Tarik pada suatu produk tertentu. Selain produk, pemasaran suatu instansi juga perlu dilakukan guna meningkatkan minat masyarakat. Promosi di universitas dapat meningkatkan minat calon mahasiswa baru untuk berkuliah di salah satu universitas. Promosi yang menarik dapat menambah minat serta keunikan tersendiri dalam melakukan promosi. Seiring berkembangnya waktu media promosi secara konvensional dengan brosur makin kurang diminati oleh masyarakat. Dari permasalahan ini munculah gagasan untuk melibatkan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi di kampus Universitas Mercu Buana. Sehingga brosur promosi yang ada dapat menampilkan informasi lebih banyak dengan menggunakan teknologi AR (Augmented Reality) Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform Android dan dibangun pada program Unity. Dimana aplikasi ini adalah video streaming yang diambil dari kamera smartphone Android sebagai pendeteksi sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan mendeteksi dan melacak marker tiap gambar yang telah dikonfigurasi dan diintegrasikan pada link resmi Vuforia dengan menggunakan system tracking, sehingga model Informasi tambahan pada brosur Universitas Mercu Buana seolaholah akan muncul pada marker tersebut. Hasil dari testing Black box yang dilakukan, aplikasi ini menghasilkan hasil yang sesuai pada setiap tes yang dilakukan, sehingga aplikasi ini secara fungsi dapat digunakan sebagai media promosi dengan cara yang lebih menarik. Kata Kunci : Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle, Aplikasi Android. ABSTRACT Promotion is one of the key in a marketing effort in order to increase the attractiveness of a particular product. In addition to products, marketing of an agency also needs to be done in order to increase public interest. Promotion at the university could increase the interest of prospective new students to study at one of the universities. Attractive promotions could add to their own interests and uniqueness in conducting promotions. As time goes on, conventional promotional media with brochures is increasingly less attractive to the public. From this problem came the idea to involve Augmented Reality technology as a media promotion on the campus of the Mercu Buana University. So that the existing promotional brochures can display more information by using AR technology (Augmented Reality) This application is an application that runs on the Android platform and built on the Unity program. Where this application is video streaming taken from the Android smartphone camera as a source of input detection, then this application will detect and track the markers of each image that has been configured and integrated in the official Vuforia link using the tracking system, so that additional information models on the Mercu Buana University brochure as if it would appear on the marker. The results of the Black box testing are carried out, this application produces results that are appropriate for each test conducted, so that this application could function as a promotional media in a more interesting way. Key Words: Keywords: media promotion, AR (Augmented Reality), 2D objects.