APLIKASI VISUALISASI 3D BANGUNAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI (STUDI KASUS: UNIVERSITAS MERCU BUANA KAMPUS JATISAMPURNA BEKASI)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Promosi merupakan salah satu komponen penting dalam mengkomunikasikan suatu produk, yang dapat meningkatkan rasa ketertarikan seseorang terhadap produk tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, jenis-jenis promosi pun semakin beragam. Salah satunya, promosi melalui media Visualisasi 3 Dimensi. Penggunaan sudut pandang 3 Dimensi dalam menampilkan suatu produk/informasi, diyakini bisa meningkatkan daya tarik produk tersebut. Selain itu, penggunaan game engine pada visualisasi 3 Dimensi berfungsi sebagai media interaktif dalam mempromosikan suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah visualisasi dengan perspektif 3 dimensi sebagai media informasi dari setiap bangunan yang ada di Universitas Mercu Buana Jatisampurna Bekasi, dimana, dengan perspektif 3 dimensi detail lokasi dan bangunan akan terlihat lebih jelas. Diharapkan aplikasi visualisasi sebagai media informasi ini akan membantu calon mahasiswa baru serta dosen yang berada diluar wilayah Jatisampurna Bekasi dapat mengetahui serta melihat langsung seperti apa suasana dan detail lokasi dari Universitas Mercu Buana Jatisampurna Bekasi dalam bentuk Aplikasi Visualisasi 3D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle), sebuah metodologi yang dipakai dalam pengembangan aplikasi multimedia. Setelah melalui seluruh tahapan pengujian dan mendapatkan status “Sesuai”, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan sebagaimana mestinya dan siap digunakan. Kata kunci: Aplikasi Visualisasi 3 dimensi; 3ds max; unity engine; 3D modelling; Universitas Mercu Buana. ABSTRACT Promotion is one of the important components in communicating products, which can increase a person's interest in the product. Along with the development of technology, the types of promotions are increasingly diverse. One of them is promotion through 3 Dimensional Visualization media. The use of 3 dimensions in displaying a product, is believed to increase the attractiveness of the product. In addition, the use of game engines in 3-dimensional visualization serves as an interactive medium in promoting a product. The purpose of this study is to visualize with a 3-dimensional perspective as a medium of information from each building in the University of Mercu Buana Jatisampurna Bekasi, where, with a 3-dimensional perspective, the location and building details will be more clearly visible. It is expected that the visualization application as a medium of information will help prospective new students and lecturers who are outside the Jatisampurna Bekasi area know and see firsthand what the atmosphere and details of the location of Mercu Buana Jatisampurna Bekasi University in the form of 3D Visualization Application. The method used in this study is MDLC (Multimedia Development Life Cycle), a methodology used in developing multimedia applications. After going through all the testing stages and getting "Appropriate" status, it can be concluded that the application runs as it should and is ready for use. Keyword: 3D Visualization Application; 3ds max; Unity Engine; 3d Modelling; Universitas Mercu Buana.